11/06/2012

PTK Bahasa Jawa, UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMBANGKAN TEMBANG MACAPAT

PTK Bahasa Jawa, UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMBANGKAN TEMBANG MACAPAT

Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa kemampuan siswa dalam menembangkan tembang macapat mayoritas masih  rendah. Rendahnya kemampuan siswa tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya adalah minimnya pengetahuan siswa tentang tembang macapat, serta metode yang digunakan oleh guru kurang memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Upaya peningkatan kemampuan menembangkan tembang macapat pada siswa sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh guru, akan tetapi hasil yang diperoleh kurang memuaskan karena pembelajaran yang disampaikan oleh guru masih berjalan satu arah artinya hanya guru yang aktif di dalam kelas. Padahal dalam proses belajar mengajar siswa diharuskan lebih aktif selama proses belajar mengajar.

Alternatif penyelesainnya adalah menggunakan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual  yang dimaksud di sini adalah suatu pembelajaran yang menghadirkan pengalaman-pengalaman siswa sebelumnya ke dalam kegiatan pembelajaran serta penggunaan materi dan media yang kontekstual pula. Materi yang dihadirkan oleh guru sudah dikenal siswa dalam kehidupan siswa sehari-hari. Guru dapat mengajarkan  tembang macapat yang sudah disederhanakan sesuai dengan konteks atau keadaan siswa pada saat itu sehingga diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mempelajari tembang macapat.

Sebuah penelitian dengan judul" PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMBANGKAN TEMBANG MACAPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP MARIA GORETTI SEMARANG, dapat anda baca disini

Terbaru