11/25/2012

Sejarah Lahirnya PGRI

Sejarah PGRI berawal dari tahun 1912 dengan nama PGHB (Persatuan Guru Hndia Belanda), kemudan dalam perkembangannya juga muncul persatuan guru yang lain misalnya :
1.      Persatuan Guru Bantu (PGB),
2.      Perserikatan Guru Desa (PGD),
3.      Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS),
4.      Perserikatan Normaalschool (PNS),
5.      Hogere Kweekschool Bond (HKSB),
6.      Christelijke Onderwijs Vereneging (COV),
7.      Katolieke Onderwijsbond (KOB),
8.      Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM), dan
9.      Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG)  
Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI)
Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 --seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia--  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.  Sejak Kongres Guru Indonesia itu, semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu di dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sebagai penghormatan  kepada guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional , dan diperingati setiap tahun.
Begitulah Sejarah singkat PGRI, lebih lengkapnya silahkan baca dari sumber aslinya di http://www.pgri.or.id

Terbaru