8/06/2014

Jadwal, Syarat, Formasi dan Alur pendaftaran CPNS 2014 (online)

Demi mewujudkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bebas dari Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN), pemerintah melaksanakan seleksi CPNS dengan sistem Computer Assisted Test atau disingkat CAT. Sistem ini dikenal juga dengan CAT CPNS dan akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia secara online dan akan dilakukan dalam waktu dekat. Nah untuk mempersiapkan hal tersebut berikut adalah tiga hal yang perlu Anda ketahui tentang seleksi pendaftaran CPNS online.
Baca juga: Dua kegiatan yang bisa Anda lakukan sebelum mengikuti tes CPNS 2014

1. Jadwal pendaftaran CPNS online

Melalui website resminya, Mentri Pendayagunaan (Menpan) juga telah mengumumkan jadwal kegiatan pelaksanaan seleksi CPNS dengan sembilan rangkaian kegiatan seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini:
Jadwal-cpns Pada gambar di atas pemerintah telah menetapkan pendaftaran CPNS dilakukan mulai tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014.

2. Syarat dan alur pendaftaran CPNS online

Peserta seleksi CPNS ini diharuskan mengikuti beberapa persyaratan umum seperti
WNI berusia 17 s/d 35 tahun, memiliki KTP yang berlaku, berbadan sehat jasmani, dan rohani, serta memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai lowongan yang diminati. Pendaftar juga wajib memiliki alamat email aktif untuk proses pendaftaran. Selain itu pendaftar diwajibkan mengisi data yang lengkap dan jujur untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Syarat lain akan diberikan sesuai dengan lembaga yang dipilih.
Setelah mengetahui persyaratannya, Anda juga perlu mengetahui alur pendaftaran seleksi CPNS. Berikut adalah gambar alur pendaftaran seleksi CPNS yang dirilis resmi melalui portal nasional CPNS 2014:
alur-cpns

3. Formasi yang tersedia

Selain mengumumkan jadwal kegiatan, pada surat yang sama Menpan juga mengumumkan daftar lembaga pemerintah yang telah menyampaikan syarat pendaftaran CPNS khusus untuk lembaganya masing-masing. Sebanyak 34 daftar lembaga telah menyampaikan syarat yang terbagi menjadi formasi pusat dan formasi daerah.
formasi-cpns Formasi pusat terdiri dari 68 kementrian/lembaga, sedangkan formasi daerah terdiri dari 400 lembaga yaitu 28 pemerintah provinsi dan 455 pemerintah kabupaten/kota. Formasi-formasi tersebut merupakan lembaga yang membuka lowongan CPNS tahun ini dan Anda bisa menentukan lembaga yang ingin dipilih dari sekarang. Untuk mengetahui lebih dalam tentang formasi tersebut Anda bisa melihatnya melalui portal nasional CPNS.

Demikian hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang jadwal pendaftaran, syarat dan alur CPNS online, serta formasi yang tersedia pada seleksi tahun ini. Anda juga bisa mengikuti akun jejaring sosial Official CPNS di Twitter atau Facebook yang cukup rutin memberi informasi tentang CPNS serta akun Kementrian Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Twitter. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk bersiap mendaftar CAT CPNS online.

Naskah Asli: 3 Hal yang perlu Anda ketahui tentang pendaftaran seleksi CPNS online
(Diedit oleh Herry Fahrur Rizal) dari https://id.berita.yahoo.com/