Isi pertemuan yang kami kutip adalah sebagai berikut:
Hasil pertemuan dengan Mendikbud Prof. Muhadjir Effendy, MAP
Hari/tgl: Jumat, 21 Oktober 2016 pk 07.45 - 09.00
- Jenjang SD dan SMP adalah fondasi anak dalam dunia pendidikan
- Implikasi : Merubah visi & mandset Kepsek, Komite Sekolah dan Guru
- Kepsek tdk boleh mengajar, tetapi sbagai manajer dan inspirator
- Pembangunan Karakter d SMP
- Guru d sekolah min 8 jam dan hari Sabtu libur utk hari keluarga
- Full day school. Guru tdk boleh membawa pekerjaan k rmh dan siswa jg tdk boleh ada PR
- Menyiapkan Manajemen berbasis sekolah & partisipasi masyarakat
- Tidak ada LKS
- Tidak ada PTK utk kenaikan pangkat
- Guru adalah ; real kurikulum
- Guru adalah : profesi ahli, tanggungjawab sosial dan rasa kesejawatan.
- Taman Budaya d sekolah sebagai sumber belajar. Itulah info dari Pak Menteri, pesan beliau tolong d share. Semoga bermanfaat.
Penelitian tindakan bertujuan untuk meningkatkan tiga hal, yaitu:
- Peningkatan praktek
- Peningkatan (atau pengembangan profesionalisme) pemahaman praktek oleh praktisinya;
- Peningkatan situasi tempat pelaksanaan praktek (Grundy dan Kemmis 1982:84 ).
SIFAT PTK
- Penelitian Tindakan kelas memiliki sifat sebagai berikut:
- Permasalahan yang di bahas berbasis kelas, artinya hal-hal yang terjadi di kelas.
- Kolaboratif, artinya ada kebersamaan kegiatan dengan pihak yang diberi tindakan.
- Tidak menguji teori, tetapi dilaksanakan berdasarkan teori.
- Tidak mengeneralisasikan, hasilnya hanya berlaku bagi subjek tindakan itu.
- Tidak ada populasi dan sampel, yang ada hanya subjek tindakan.
- Tidak ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
- Dilakukan dalam putaran siklus.