Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan evaluasi Pembelajaran
Di
antara ketiga istilah tersebut sebenarnya memiliki makna yang berbeda,
meskipun mempunyai hubungan yang sangat erat dan satu sama lain
merupakan kegiatan yang berkesinambungan.
Pengukuran (measurement)
adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan luas atau kualitas
dari pada sesuatu dengan membenadingkannya pada suatu ukuran tertentu.
Pengukuran bersifat kuantitatif. Misalnya: mengukur tinggi digunakan
alat pembanding meter, sedangkan untuk mengukur berat digunakan alat
pembanding kg atau ton. Sedangkan untuk mengukur luas digunakan alat
pembanding meter atau ha.
Penilaian (evaluation) adalah
kegiatan menafsirkan hasil pengukuran dengan menggunakan norma-norma
tertentu. Penilaian akan menghasilkan keputusan terhadap sesuatu dengan
ukuran baikburuk. Oleh karena hasil penilaian bersifat kualitatif,
misalnya gemuk, kurus, kaya dsb.
Pengukuran akan menjawab pertanyaan
haw much, sedangkan penilaian akan menjawan what value. Pengukuran dan
peneliaian adalah dua kegiatan yang berkesinambungan. Untuk mengadakan
penilaian terlebih dahulu harus dilakukan pengukuran. Sebaliknya,
pengukuran-pengukuran yang telah dilaksanakan tidak akan memberikan arti
jika tidak dilanjutkan dengan kegiatan penilaian. Misalnya: Tutik
tinggi badannya 155 cm, dengan berat badan 65 kg. Apakah Tutik dapat
dikatakan gemuk, kurus atau sedang-sedang saja ? Untuk menjawab
pertanyaan tersebut harus dilakukan penilaian dengan menggunakan norma
tertentu. Berat ideal adalah sama dengan tinggi tubuh tikurangi dengan
110. Dengan demikian berat ideal Tutik adalah 155 – 110 sama dengan 45
kg. Karena berat tubuh Tutik sama dengan 65 kg, berarti Tutik dikatakan
gemuk sebab beratnya melebihi berai idea tubuhnysa (45 kg).
Mengadakan evaluasi pembelajaran
berarti meliputi kegiatan pengukuran dan penilaian. Evaluasi berarti
menilai, tetapi dilakukan dengan mengadakan pengukuran terlebih dahulu
(Suharsimi Arikunto, 1987: 3). Skor atau nilai yang diperoleh siswa
mengerjakan ulangan adalah merupakan hasil pengukuran, sedangkan
menetapkan siswa naik kelas, tidak naik kelas, lulus atau tidak lulus,
pintar atau bodoh adalah merupakan hasil penilaian.
7/29/2012
Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pembelajaran
Populer Minggu Ini
- SOAL UAS TIK KELAS XII
- UJIAN ULANG 1 PLPG KEMENAG UNJ 2012
- Download dan Cara Instal Beesmart v.3
- Soal UAS IPA Kelas 7
- CARA DOWNLOAD FILE DI GOOGLE DRIVE ATAU GOOGLE DOCS
- Prediksi dan Latihan Soal UKG 2015
- Kata Pengantar Laporan OJL Calon Kepala Sekolah
- Soal UKG SMK PPKn
- Soal UKG SMK Bahasa Indonesia
- Cara Registrasi Akun Guru Pembelajar (GPO)