7/27/2012

Soal Uji Kompetensi Guru BK, UKG BK

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) BK
1.     Tunjukkan semua alasan yang saudara ketahui, mengapa seorang konselor perlu memahami karakteristik individu yang dibimbingnya?
2.     Tunjukkan pula semua alasan mengapa seseorang konselor perlu memahami dan terampil menggunakan bermacam-macam teknik?
3.     Tuliskan semua manfaat memahami konselor bila ia terampil menggunakan bermacam-macam teknik asesmen !
4.     Tuliskan pula bahayanya jika konselor tidak bisa memahami konseli yang dilayaninya !
5.     Tuliskan pengertian daftar cek masalah dengan kalimat saudara sendiri
6.     Jelaskan untuk apa biasanya daftar cek digunakan dalam kegiatan bimbingan dan konseling
7.     Jelaskan kelebihan penggunaan daftar cek dibanding dengan interview
8.     Tunjukkan alas an saudara, mengapa dalam analisis daftar cek bukan sekedar melihat kuantitas masalah yang dihadapi siswa, tetapi perlu memahami intensitas masalah
9.     Buatlah rumusan dengan kalimat saudara sendiri, apa yang dimaksud dengan sosiometri
10.  Jelaskan apa kegunaan sosiometri dalam bimbingan dan konseling
11.  Jelaskan dari mana saudara bisa mengetahui bahwa seorang siswa terasing di kelasnya jika saudar melihat data sosiogram.
12.  Mengapa interviu memerlukan waktu yang lebih lama? Jelaskan!
13.  Dalam kegiatan konseling interviu merupakan metode yang utama, Beri penjelasan secukupnya!
14.  Dalam menyusun panduan interviu, hal apa yang harus dikuasai oleh interviuer?
15.  Jelaskan pengertian bimbingan dan konseling kelompok yang menyebutkan pada unsur-unsur pokoknya.
16.  Berikan penjelasan tentang perbandingan antara bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan psikoterapi kelompok ditinjau dari , fungsi, anggota, suasana interaksi, dan jumlah anggota.
17.  Jelaskan tujuan umum dan tujuan khusus konseling kelompok.
18.  Berikan ilustrasi kekuatan konseling kelompok bila dibandingkan dengan konseling individual.
19.  Sebut dan jelaskan tiga bentuk pengumpulan orang-orang secara ringkas.
20.  Jelaskan faktor-faktor yang dapat mewujudkan suatu kelompok.
21.  Jelaskan peran anggota kelompok dalam bimbingan kelompok.
22.  Kemantapan, kekompakan kelompok tergantung pada beberapa hal. Jelaskan.
23.  Sebutkan tahapan –tahapan dalam bimbingan dan konseling kelompok dan tujuannya masing-masing.
24.  Bilamanakah pemimpin kelompok diharapkan dapat tampil sebagai contoh dalam tahap pembentukan .?
25.  Apa ciri khas tahap peralihan?
26.  Kemukakan perbedaan yang prinsip dalam tahapan bimbingan kelompok dan konseling kelompok.
Sumber : Buku Materi PLPG UNNES 2008, BK 
Lihat Materi disini  
DOWNLOAD SOAL UJI KOMPETENSI GURU BK DISINI