CARA MENGOLAH HASIL PENILAIAN SIKAP
Data
penilaian sikap bersumber dari catatan harian peserta didik berdasarkan
pengamatan/ observasi guru mata pelajaran. Data hasil pengamatan guru
dapat dilengkapi dengan hasil penilaian berdasarkan pertanyaan langsung
dan laporan pribadi.
hal
yang harus dicatat dalam buku Catatan Harian peserta didik adalah
kejadian-kejadian yang menonjol, yang berkaitan dengan sikap, perilaku,
dan unjuk kerja peserta didik, baik positif maupun negatif. Yang
dimaksud dengan kejadian-kejadian yang menonjol adalah kejadian-kejadian
yang perlu mendapat perhatian, atau perlu diberi peringatan dan
penghargaan dalam rangka pembinaan peserta didik.
Pada
akhir semester, guru mata pelajaran merumuskan sintesis, sebagai
deskripsi dari sikap, perilaku, dan unjuk kerja peserta didik dalam
semester tersebut untuk mata pelajaran yang bersangkutan. Deskripsi
tersebut menjadi bahan atau pernyataan untuk diisi dalam kolom Catatan
Guru pada rapor peserta didik untuk semester dan mata pelajaran yang
berkaitan. Selain itu, berdasarkan catatan-catatan tentang peserta didik
yang dimilikinya, guru mata pelajaran dapat memberi masukan pula kepada
Guru Bimbingan Konseling untuk merumuskan catatan, baik berupa
peringatan atau rekomendasi, sebagai bahan bagi wali kelas dalam mengisi
kolom deskripsi perilaku dalam rapor.
Catatan
Guru mata pelajaran menggambarkan sikap atau tingkat penguasaan peserta
didik berkaitan dengan pelajaran yang ditempuhnya dalam bentuk kalimat
naratif. Demikian juga catatan dalam kolom deskripsi perilaku,
menggambarkan perilaku peserta didik yang perlu mendapat
penghargaan/pujian atau peringatan.