11/17/2012

Apa yang berubah di Kurikulum 2013?

Kurikulum 2013, Apa yang berubah?

Jika terjadi perubahan kurikulum, maka akan ada empat aspek yang berubah :
1.    Standar isi
2.    Standar proses
3.    Standar kelulusan
4.    Standar penilaian.
Perubahan itu pasti akan diwujudkan dalam buku pengantar pelajaran yang akan disampaikan ke siswa., Perubahan Standar lulusan, akan terlihat dari soft skill dan hard skill yang tergambar dari kompetensi para lulusan, Untuk standar proses siswa menjadi lebih aktif dalam observasi., Standar penilaian, akan dilakukan dengan berbasis kompetensi. Salah satu pendukung kompetensi itu adalah ekstrakulikuler Pramuka yang wajib diikuti semua siswa. Karena dalam pramuka terdapat leadership, kerja sama, keberanian, dan solidaritas.
Pendekatan kurikulum yang paling kritikal dan krusial berada pada pendidikan dasar SD dan SMP. Karena jika pendidikan di SD bagus, ke belakangnya juga akan bagus. Dan untuk SD-SMP digunakan pendekatan tematik integratif dalam semua mata pelajaran. Konsep ini merupakan metode pembelajaran yang didasarkan atas tema-tema. Dalam satu tema yang diangkat akan merambah ke mata pelajaran lain. “Misalkan pelajaran Bahasa Indonesia, guru mengambil tema sungai. Ada pendekatan observasi seperti apa sungai, apa isinya, kenapa bisa mengalir, dan sebagainya. Semua pendekatan tersebut akan mengarah kepada semua mata pelajaran. Baik bahasa indonesia, sains, agama, dan matematika,” jelas Menteri Nuh.
Ada enam mata pelajaran yang akan diajarkan di SD. Yaitu Bahasa Indonesia, PPKn, Agama, Matematika, dan muatan lokal yang dibagi dua: prakarya dan pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan. Dalam enam mata pelajar yang terintegrasi secra tematik ini, siswa tidak perlu lagi membawa puluhan buku ke sekolah setiap harinya. Ada integrasi pembelajaran di dalamnya. Dan dengan perubahan kurikulum ini pula, siswa tidak terkungkung di dalam kelas ataupun laboratorium. Setiap apa yang dilihatnya akan menjadi bahan belajarnya, dan menjadikan guru bukan satu-satunya sumber belajar. (http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/829)

Sumber: Penelitian Tindakan Kelas »Berita » Kurikulum 2013, Apa yang berubah? » http://ptkguru.com/?darmajaya=index&daryono=base&action=listmenu&skins=1&id=2661&tkt=2&utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+contohptk+%28Penelitian+Tindakan+Kelas%29#ixzz2CV1SFlaE