7/04/2013

Lupa Password Login SIAP PADAMU NEGERI

Cara mengatasi password yang lupa pada saat login PTK Padamu Negeri.


Pada proses VerVal NUPTK, setelah admin mengaktivasi akun dan berhasil login, selanjutnya admin sekolah Padamu mengentri formulir A01 PTK dan mencetak tanda bukti verval level 1. Setelah PTK menerima Tanda Bukti VerVal Level 1, PTK melakukan aktivasi akun PTK yaitu membuat akun baru SIAP Padamu Negeri untuk PTK. Pada saat membuat akun, PTK sebaiknya mencatat userID yang berupa NUPTK dan password untuk login PTK. Nah..biasanya pada saat aktivasi akun PTK, password yang dibuat tidak dicatat, jadi bisa jadi hilang, atau lupa passwordnya, atau bahkan tidak mengerti cara login PTK.

Bisa jadi ketika pertama melakukan login PTK saya dapat berhasil melakukannya, tapi di lain waktu tidak berhasil, padahal sudah yakin NUPTK dan password sudah benar. Mungkin saja passwordnya lupa. Bagaimana cara mengatasi lupa password untuk login PTK. Ternyata mudah. Dengan cara ini PTK yang lupa password akan direset atau dikembalikan password nya ke password standar yaitu kode aktivasi yang digunakan pada saat melakukan aktivasi akun PTK. Baiklah berikut ini adalah cara mudah mengatasi guru lupa password saat login Padamu Negeri.

PTK melaporkan kepada Admin/Operator Sekolah Padamu Negeri bahwa PTK tidak bisa login karena lupa password

Operator mencatat NUPTK yang bersangkutan

Operator melakukan login sekolah di http://padamu.siap.web.id/
Jika berhasil login akan tampil halaman seperti berikut ini
 




Kemudian klik menu Verifikasi dan Validasi




pada halaman tersebut, pilih dan klik Daftar Status VerVal NUPTK, akan muncul daftar nama PTK yang sudah diverval




Pada daftar status verval pilih nama pendidik dan tenaga kependidikan yang akan direset passwordnya, caranya klik tanda panah di sebelah kanan dan akan ada pilihan apakah akan cetak ulang tanda bukti atau atur ulang password. Pilih dan klik Atur Ulang Password, maka akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah anda ingin mengatur ulang password PTK seperti berikut ini..


Pilih "Ya" untuk mereset ulang password, lalu siapkan printer untuk mencetak surat tanda bukti password baru atau surat pemberitahuan reset password PTK. Kalau sudah diprint maka operator akan mendapatkan Surat Pemberitahun Reset / Pengaturan Ulang Password yang berisi User_ID berupa NUPTK, Nama PTK dan Password Baru yang dapat digunakan untuk login PTK sebagai pengganti password yang lupa atau hilang, ini dia contoh suratnya....



Nah...kalau sudah ada pengganti password baru tersebut, operator segera memberikan surat tersebut kepada PTK yang lupa password. Lalu silakan PTK melakukan login di http://padamu.siap.web.id/ dan simpan surat password baru tersebut dan catat password baru tersebut, jangan sampai hilang lagi atau lupa lagi.

Demikianlah cara mereset password untuk mengatasi masalah lupa password saat PTK melakukan login di Padamu Negeri. Semoga bermanfaat.
Sumber rodajaman.blogspot.com
Lupa Password Login SIAP PADAMU NEGERI