5/29/2014

Alur dan Panduan Pendaftaran SBMPTN 2014


1. TATA CARA MEMPEROLEH KAP DAN PIN (BAGI CALON PENDAFTAR YANG BELUM MEMILIKI KAP DAN PIN)

  1. Buka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, bacalah semua pentunjuk yang ditampilkan
  2. Klik pada tautan (link) yang disediakan bagi calon yang belum memiliki KAP dan PIN
  3. Masukkan rangkaian huruf (CAPTCHA) yang muncul di layar pada kotak yang disediakan
  4. Tekan/Klik tombol DAFTAR
  5. Lakukan pengisian biodata dengan lengkap (Lihat Tata Cara Pengisian Halaman Biodata)

2. TATA CARA MEMPEROLEH PIN (BAGI PESERTA SNMPTN 2014)
  1. Buka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, bacalah semua pentunjuk yang ditampilkan
  2. Klik pada tautan (link) yang disediakan bagi peserta SNMPTN 2014
  3. Masukkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 12 angka yang tercetak pada Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2014 pada kotak yang disediakan
  4. Masukkan rangkaian huruf (CAPTCHA) yang muncul di layar pada kotak yang disediakan
  5. Tekan/Klik tombol DAFTAR
  6. Lakukan pengisian biodata dengan lengkap (Lihat Petunjuk Pengisian Halaman Biodata)

3. TATA CARA LOGIN UNTUK MELENGKAPI BORANG PENDAFTARAN BAGI PENDAFTAR NON-BIDIKMISI (HARUS SUDAH MEMILIKI KAP DAN PIN)
  1. Buka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id,
  2. Masukkan pasangan KAP dan PIN yang telah diperoleh sebelumnya
  3. Masukkan rangkaian huruf (CAPTCHA) yang muncul di layar pada kotak yang disediakan
  4. Tekan/Klik tombol LOGIN
  5. Isi halaman biodata (lihat petunjuk pengisian halaman biodata)
  6. Lakukan upload pasfoto (lihat petunjuk pengisian halaman upload pasfoto)
  7. Isi borang data pendidikan (lihat petunjuk pengisian halaman data pendidikan)
  8. Isi borang pilihan program studi dan tempat mengikuti ujian (lihat petunjuk pengisian halaman plihan program studi dan tempat mengikuti ujian)
  9. Lakuan konfirmasi data borang (lihat petunjuk konfirmasi data borang)
  10. Cetak Slip Pembayaran (lihat petunjuk cetak slip pembayaran)
  11. Cetak Kartu Tanda Peserta (lihat pentunjuk cetak kartu peserta)

4. TATA CARA LOGIN UNTUK PENDAFTAR BAGI PELAMAR BIDIKMISI (HARUS SUDAH MEMILIKI KAP DAN PIN)
  • Buka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id,
  • Masukkan pasangan KAP dan PIN yang telah diperoleh sebelumnya
  • Masukkan rangkaian huruf (CAPTCHA) yang muncul di layar pada kotak yang disediakan
  • Tekan/Klik tombol LOGIN
  • Isi halaman biodata (lihat petunjuk pengisian halaman biodata). Untuk ini, nama dan tanggal lahir tidak dapat diganti agar sama dengan yang dimasukkan pada saat melamar Bidikmisi
  • Lakukan upload pasfoto (lihat petunjuk pengisian halaman upload pasfoto)
  • Isi borang data pendidikan (lihat petunjuk pengisian halaman data pendidikan)
  • Isi borang pilihan program studi dan tempat mengikuti ujian (lihat petunjuk pengisian halaman plihan program studi dan tempat mengikuti ujian)
  • Lakuan konfirmasi data borang (lihat petunjuk konfirmasi data borang)
  • Cetak Kartu Tanda Peserta (lihat pentunjuk cetak kartu peserta) 

5. PETUNJUK PENGISIAN HALAMAN BIODATA
  1. Ketik nama Anda pada kolom Nama peserta yang tersedia, maksimum 20 karakter. Jika panjang nama lebih dari 20 karakter, singkatlah nama anda secukupnya tanpa menggunakan titik
  2. Ketik alamat tetap anda pada kolom Alamat peserta yang tersedia.
  3. Pilih provinsi sesuai alamat tetap anda.
  4. Pilih kabupaten/kota sesuai alamat tetap anda, jika Anda memilih kabupaten/kota lain-lain ketikkan pada kolom yang tersedia.
  5. Ketik Kode Pos sesuai dengan alamat tetap anda.
  6. Ketik nomor telepon rumah atau telepon seluler anda pada kolom yang tersedia.
  7. Pilih Provinsi tempat lahir anda.
  8. Pilih Kabupaten/Kota tempat Anda dilahirkan, bila anda memilih Kabupaten/Kota lain-lain ketikkan pada kolom yang tersedia.
  9. Ketik tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda pada kolom yang tersedia.
  10. Isikan jenis kelamin anda pada kolom yang tersedia.
  11. Pilih Agama anda.
  12. Pilih kewarganegaraan anda.
  13. Isikan jumlah adik dan kakak anda pada kolom yang tersedia.
  14. Isikan nama ayah dan Ibu anda.
  15. Isikan pendidikan terakhir  orang tua anda pada kolom Ayah dan kolom Ibu.
  16. Isikan pekerjaan orang tua anda pada kolom Ayah dan kolom Ibu
  17. Pilih penghasilan orang tua anda.
  18. Pilih kebutuhan khusus yang sesuai dengan diri anda JIKA anda berkebutuhan khusus (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, atau tuna daksa)
  19. Tekan/Klik tombol ”Simpan” untuk masuk ke halaman berikutnya atau tekan tombol ”Keluar” untuk membatalkan pengisian biodata
  20. Lakukan konfirmasi biodata yang telah diisi (Lihat Petunjuk Konfirmasi Biodata)

6. PETUNJUK KONFIRMASI BIODATA
  1. Periksa satu per satu biodata yang telah diisi dengan teliti
  2. Tekan/Klik tombol “Kembali” untuk memperbaiki isian biodata yang salah
  3. Klik bulatan ”Setuju” jika anda sudah yakin semua data yang diisi sudah benar, kemudian Tekan/Klik tombol ”Berikut” untuk menayangkan KAP dan PIN serta mencetak KAP, PIN, dan Biodata anda
  4. Klik/Tekan tombol ”Keluar” untuk membatalkan pengisian biodata

7. PETUNJUK PENGISIAN HALAMAN UPLOAD PASFOTO
  1. Unggah/upload pasfoto berwarna Anda yang terbaru dengan ketentuan seperti yang tertera pada persyaratan pendaftaran, dengan format JPEG atau PNG, ukuran maksimal 100 kb. (dianjurkan resolusi image foto sebesar 400 x 600 pixels).
  2. Aturlah posisi pasfoto Anda sehingga bisa tampak proporsional dan jelas.
  3. Tekan/klik tombol ”Simpan”.

8. PETUNJUK PENGISIAN HALAMAN DATA PENDIDIKAN
  1. Pilih tempat SMTA asal, pilih kabupaten/kota SMTA asal , jika Anda memilih kabupaten/kota lain-lain isikan pada kolom yang tersedia.
  2. Pilih Nama SMTA asal Anda, jika memilih SMTA lain-lain isikan pada kolom yang tersedia.
  3. Pilih jurusan SMTA Anda (IPA, IPS, Bahasa, dsb).
  4. Pilih Tahun masuk dan kelas masuk ke SMTA pada kolom yang tersedia.
  5. Isikan tahun lulus/Ijazah SMTA Anda.
  6. Tekan/Klik tombol ”Berikut”.

9. PETUNJUK PENGISIAN HALAMAN PILIHAN PROGRAM STUDI DAN TEMPAT MENGIKUTI UJIAN
  1. Pilih Panitia Lokal tempat Anda mengikuti ujian. Apabila Panitia Lokal yang dipilih memiliki Sub Panlok maka pilih juga Sub Panlok tempat anda akan mengikuti ujian.
  2. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 1, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
  3. Jika Anda memilih hanya satu Program Studi, lanjutkan ke langkah huruf  ”h”.
  4. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 2, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
  5. Pilih Perguruan Tinggi yang Anda tuju pada Pilihan 3, kemudian Pilih Program Studi yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
  6. Jika Anda mengikuti kelompok ujian Campuran maka pilihan program studi harus merupakan campuran dari program studi jenis Saintek dan program studi jenis Soshum yang diminati. Jika Anda memilih Program Studi dengan Ujian Keterampilan pilih PTN penyelenggara Ujian Keterampilan pada kotak ”Ujian Keterampilan”.
    Catatan: Urutan Pilihan menunjukkan prioritas.
  7. Jika pilihan program studi lebih dari satu, maka salah satu pilihan harus program studi dari PTN yang ada dalam wilayah pendaftaran peserta. Jika pilihan program studi hanya satu, maka boleh memilih program studi dari PTN di sembarang wilayah pendaftaran peserta.
  8. Tekan/Klik tombol ”Berikut”.
Catatan:
  • Setiap calon pendaftar dapat memilih sembarang program studi yang diminati (tidak tergantung pada jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan)
10. PETUNJUK KONFIRMASI DATA BORANG (DATA PENDIDIKAN DAN PILIHAN PROGRAM STUDI)
  1. Pastikan semua data yang Anda isikan adalah benar.
  2. Klik bulatan ”Saya Setuju” jika Anda sudah yakin bahwa semua data yang diisikan sudah benar.
  3. Tekan/klik tombol ”Berikut” untuk menampilkan Slip Pembayaran (tidak berlaku untuk calon pendaftar bagi pelamar Bidikmisi)

11. PETUNJUK CETAK SLIP PEMBAYARAN
  1. Tekan/Klik tombol ”Cetak” untuk mencetak slip pembayaran. Slip pembayaran ini berisi Kode Pembayaran yang harus digunakan pada saat melakukan pembayaran biaya ujian SBMPTN 2014
  2. Tekan/Klik tombol ”Keluar” untuk keluar dari halalam ini

12. PETUNJUK CETAK KARTU TANDA PESERTA
  1. Cetaklah Kartu Tanda Bukti Pendaftaran menggunakan printer dengan resolusi minimal 300 dpi. Simpan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran jika diperlukan.
  2. Isilah alamat tempat tinggal dan nomor telepon Anda ketika mengikuti ujian pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah dicetak.
  3. Bubuhkan tanda tangan Anda pada Kartu Tanda Tanda Peserta dalam kotak PERNYATAAN yang tersedia
Sumber http://www.sbmptn.or.id