Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan evaluasi Pembelajaran
Di
antara ketiga istilah tersebut sebenarnya memiliki makna yang berbeda,
meskipun mempunyai hubungan yang sangat erat dan satu sama lain
merupakan kegiatan yang berkesinambungan.
Pengukuran (measurement)
adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan luas atau kualitas
dari pada sesuatu dengan membenadingkannya pada suatu ukuran tertentu.
Pengukuran bersifat kuantitatif. Misalnya: mengukur tinggi digunakan
alat pembanding meter, sedangkan untuk mengukur berat digunakan alat
pembanding kg atau ton. Sedangkan untuk mengukur luas digunakan alat
pembanding meter atau ha.
Penilaian (evaluation) adalah
kegiatan menafsirkan hasil pengukuran dengan menggunakan norma-norma
tertentu. Penilaian akan menghasilkan keputusan terhadap sesuatu dengan
ukuran baikburuk. Oleh karena hasil penilaian bersifat kualitatif,
misalnya gemuk, kurus, kaya dsb.
Pengukuran akan menjawab pertanyaan
haw much, sedangkan penilaian akan menjawan what value. Pengukuran dan
peneliaian adalah dua kegiatan yang berkesinambungan. Untuk mengadakan
penilaian terlebih dahulu harus dilakukan pengukuran. Sebaliknya,
pengukuran-pengukuran yang telah dilaksanakan tidak akan memberikan arti
jika tidak dilanjutkan dengan kegiatan penilaian. Misalnya: Tutik
tinggi badannya 155 cm, dengan berat badan 65 kg. Apakah Tutik dapat
dikatakan gemuk, kurus atau sedang-sedang saja ? Untuk menjawab
pertanyaan tersebut harus dilakukan penilaian dengan menggunakan norma
tertentu. Berat ideal adalah sama dengan tinggi tubuh tikurangi dengan
110. Dengan demikian berat ideal Tutik adalah 155 – 110 sama dengan 45
kg. Karena berat tubuh Tutik sama dengan 65 kg, berarti Tutik dikatakan
gemuk sebab beratnya melebihi berai idea tubuhnysa (45 kg).
Mengadakan evaluasi pembelajaran
berarti meliputi kegiatan pengukuran dan penilaian. Evaluasi berarti
menilai, tetapi dilakukan dengan mengadakan pengukuran terlebih dahulu
(Suharsimi Arikunto, 1987: 3). Skor atau nilai yang diperoleh siswa
mengerjakan ulangan adalah merupakan hasil pengukuran, sedangkan
menetapkan siswa naik kelas, tidak naik kelas, lulus atau tidak lulus,
pintar atau bodoh adalah merupakan hasil penilaian.
7/29/2012
Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pembelajaran
Populer Minggu Ini
- Download dan Cara Instal Beesmart v.3
- Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2013
- SOAL UAS INGGRIS KELAS XII
- SOAL UAS BAHASA INGGRIS KELAS XI
- Data Guru: Cek Dapodik, Cek SK TPP, Cek Validitas Data, Cara Perbaikan Data Guru
- MATERI dan KISI-KISI Uji Kompetensi Pengawas Sekolah UKPS
- Daftar Mata Pelajaran SMP, Kurikulum 2013
- Link Download Video Pembelajaran Kurikulum 2013
- Formulir A01/A02/A03/A04, Surat Aktivasi Akun, dan Tanda Bukti VerVal Lv1 / Lv2 Padamu Negeri [contoh]
- Soal UAS Tata Boga Kelas VIII