8/11/2012

Cara Mengolah Hasil Penilaian Unjuk Kerja

Cara Mengolah Hasil Penilaian Unjuk Kerja
Dalam penilaian hasil pembelajaran praktek seorang guru menggunakan penilaian unjuk kerja, Data penilaian unjuk kerja adalah skor yang diperoleh dari pengamatan yang dilakukan terhadap penampilan peserta didik dari suatu kompetensi. Skor diperoleh dengan cara mengisi format penilaian unjuk kerja yang dapat berupa daftar cek atau skala penilaian.
Nilai yang dicapai oleh peserta didik dalam suatu kegiatan unjuk kerja adalah skor pencapaian dibagi skor maksimum dikali 10 (untuk skala 0 -10) atau dikali 100 (untuk skala 0 -100). Misalnya, dalam suatu penilaian unjuk kerja praktikum Fisika, ada 5 aspek yang dinilai, antara lain: pengetahuan tentang prosedur kerja, ketepatan memilih alat dan bahan, keterampilan menggunakan alat, hasil pengamatan, dan ketepatan dalam menyususn laporan. Apabila seseorang mendapat skor 16, skor maksimumnya 20, maka nilai yang akan diperoleh adalah = 16/20 x 10 = 0,8 x 10 = 8,0.
Nilai 8,0 yang dicapai peserta didik mempunyai arti bahwa peserta didik telah mencapai 80% dari kompetensi ideal yang diharapkan untuk unjuk kerja tersebut.
Apabila ditetapkan batas ketuntasan penguasaan kompetensi minimal 70%, maka untuk kompetensi tersebut dapat dikatakan bahwa peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, peserta didik tersebut dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya.