12/11/2012

Contoh Soal Uji Kompetensi Pengawas Sekolah UKPS

CONTOH SOAL UKPS
Berikut adalah Contoh Soal Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS)
1.      Apakah yang dimaksud dengan SPMP?
a.       Subsistem pendidikan nasional yang memberikan arahan tentang penyelenggaraan pendidikan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan.
b.      Subsistem pendidikan nasional yang memberikan arahan tentang bagaimana proses penjaminan mutu pendidikan dilaksanakan secara terpadu dan sistemik sehingga program dan kebijakan pendidikan yang dirumuskan oleh Pemerintah dan pemerintah daerah selalu merujuk pada hasil analisis kebutuhan riil di lapangan.
c.       Subsistem pendidikan nasional yang memberikan arahan tentang implementasi standar nasional pendidikan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan.
d.      Subsistem pendidikan nasional yang memberikan arahan tentang pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah dan Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah.

2.      Bagaimana Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah dapat memberikan kontribusi nyata pada peningkatan mutu pendidikan sekolah?
a.       RPS/RKS dirumuskan oleh stakeholder sekolah yang beranggotakan Komite Sekolah bersama dewan guru.
b.      RPS/RKS dirumuskan berdasarkan hasil monitoring sekolah oleh pemerintah daerah, sehingga mencerminkan sekolah yang mengutamakan kepentingan sekolah.
c.       RPS/RKS dirumuskan oleh sekolah berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah, menjadi cerminan isu pendidikan yang utama di sekolah dan skala prioritas kebutuhan sekolah.
d.      RPS/RKS dirumuskan sesuai dengan hasil kesepakatan yang ditetapkan oleh dinas Pendidikan kota/kabupaten setempat.

3.      Apakah yang dimaksud dengan Penjaminan Mutu Pendidikan berdasarkan Permendiknas No. 63 Tahun 2009?
a.       Kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan/program pendidikan, penyelenggara satuan/program pendidikan, pemerintah daerah, Pemerintah, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan.
b.      Kegiatan yang menekankan pada pelayanan prima dengan mengutamakan tingkat kelulusan siswanya.
c.       Kegiatan yang bertujuan menjamin mutu pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
d.      Kegiatan yang dilakukan pemerintah kota/kabupaten untuk mensupervisi dan membantu satuan pendidikan dalam mengatur penyelenggaraan dalam melakukan penjaminan mutu.

4.      Sebutkan tahapan penjaminan mutu pendidikan!
a.       Analisis data-pengumpulan data-pelaporan disertai rekomendasi
b.      Pelaporan yang dilengkapi dengan rekomendasi-pengumpulan data-analisis data
c.       Pengumpulan data-analisis data-pelaporan disertai rekomendasi yang ditindaklanjuti atau dituangkan dalam program peningkatan mutu
d.      Pengumpulan data- pelaporan disertai rekomendasi-analisis data

5.      Dimana posisi EDS di dalam SPMP sesuai Permendiknas No. 63 Tahun 2009?
a.       EDS sebagai alat untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan sekolah dalam persiapan penyusunan RKS/RPS
b.      EDS menjadi sumber inspirasi seorang kepala Sekolah dalam memimpin dan menentukan visi, misi Sekolah
c.       EDS adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah
d.      EDS menjadi sumber data awal tentang sekolah-sekolah yang selanjutnya diagregasikan ke dalam Laporan MSPD yang selanjutnya direkomendasikan kepada pemda kab/kota sebagai dasar pertimbangan untuk merumuskan rencana pengembangan pendidikan daerah

DOWNLOAD SOAL UKPS (100 soal) disini