4/14/2013

Cara Cek Dapodik Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan keakuratan pendataan pendidikan nasional. Seringnya terjadi kesimpangsiuran dan ketidakvalidan data menyebabkan terhambatnya kegiatan di sektor pendidikan karena belum ditunjang dengan teknologi dan informasi yang memadai. Sebagai upaya percepatan pendataan Data Pendidikan, pemerintah pada tahun ini memperkenalkan pendataan secara online, melalui software (aplikasi) yang tersedia di website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Sekolah yang sudah memiliki aplikasi pendataan selanjutnya melakukan entry data berupa data sekolah, data pendidik dan tenaga kependidikan, dan data siswa selengkap-lengkapnya. Setelah terisi lengkap kemudian dikirim secara online. 
Untuk mengetahui data sekolah sudah terkirim atau sudah diterima oleh server caranya yaitu :
-        Kemudian pada menu Beranda, lihat table report progress pendataan pendidikan dasar 2012
-    Cari propinsi yang sesuai, lalu klik tanda plus (+) pada samping kiri nama propinsi, maka akan terbuka daftar nama kabupaten, kemudian klik lagi tanda plus pada kabupaten untuk melihat daftar kecamatan, lalu klik lagi tanda plus pada nama kecamatan maka akan terlihat nama-nama sekolah yang ada pada kecamatan tersebut, lalu cari nama sekolah kita, apabila sudah diterima maka aka nada keterangan tanggal diterima dan statusnya, jika tertulis berhasil diproses berarti sudah diterima server, jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.
Selanjutnya jika data sudah berhasil diproses, kita dapat mengakses data sekolah secara online dengan cara :

  • Maka akan muncul gambar seperti ini
  • Kemudian isi username dan password operator sekolah. (ingat username dan password ketika membuka aplikasi (software) pendataan sekolah)

  • Jika username dan password benar, maka akan tertulis “login berhasil, tunggu sebentar”

  • Setelah dapat membuka, maka tampilan seperti pada aplikasi pendataan, menu terdiri dari Beranda, Sekolah, dan Register Pengiriman.

  • Untuk melihat data sekolah, data PTK, dan data siswa klik menu Sekolah di sebelah kiri atau klik Tab Data Sekolah pada bagian atas.

  • Untuk menampilkan data, klik nama sekolah kita yang tercantum pada daftar sekolah

  • Lalu kita dapat menampilkan data sekolah, daftar sarpras, daftar rombel, daftar siswa, dan daftar PTK dengan mengklik satu persatu tab yang berada pada bagian bawah.

  •   Jika data tidak tampil pastikan nama sekolah di klik terlebih dahulu.

Untuk diperhatikan, bahwa isi data pada web sepenuhnya menjadi tanggung jawab operator sekolah, maka pergunakanlah sebaik-baiknya dan simpan username dan password jangan sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, karena data ini merupakan milik sekolah.

Untuk Cek SK Pembayaran TPP lihat disini

Update 5/3/14
Cek Data Dapodik di http://datadapodik.com/ atau langsung klk Disini


Sumber: http://rodajaman.blogspot.com
Cara Cek Dapodik Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud