Sebelum mengikuti UKG Bapak Ibu guru TK seharus sudah mengetahu RINGKASAN MATERI UKG TK :
1. Mendeteksi ciri perkembangan fisik , intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya anak usia 4- 6 tahun
2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini.
3. Memberi
contoh kesulitan anak usia dini dalam bidang pengembangan nilai-nilai
agama dan moral, fisik, bahasa, dan sosial-emosional.
4. menjelaskan
teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di
tk/paud (teori piaget, vigotsky, erikson, smilansky)
5. Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar melalui bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan
6. Menentukan strategi pengembangan sesuai dengan bidang pengembangan anak TK
7. Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran di TK
8. Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum TK
9. Merancang kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan yang telah ditetapkan
10. Memberikan contoh kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan yang telah ditetapkan
11. Menentukan materi bidang-bidang pengembangan sesuai dengan perkembangan anak TK
12. Menganalisis kegiatan bermain yang bersifat holistic, otentik dan bermakna
13. Merancang
kegiatan bermain yang secara kreatif dan kondusif yang dapat menunjang
berbagai lingkup pengembangan moral dan nilai-nilai agama, sosial
emosional, bahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni
14. Memilih media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
15. Membandingkan media dan sumber belajar yang sesuai dan tidak sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
16. Mengurutkan tahapan bermain sensorimotor dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD
17. Mengurutkan tahapan bermain peran dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
18. Mengurutkan tahapan bermain pembangunan dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
19. Menyusun langkah-langkah kegiatan pengembangan yang berfokus pada bidang-bidang pengembangan di TK dengan berbasis ICT.
20. Menetapkan jenis lingkungan main yang sesuai dengan karakteristik sekolah (sudut, area, dan sentra)
21. Menerapkan jenis-jenis kegiatan bermain
22. Mengidentifikasi jenis sarana dan prasarana pembelajaran di PAUD
23. Menganalisis strategi komunikasi dengan anak usia dini
24. Menerapkan strategi pengkondisian peserta didik Menerapkan metode komunikasi dengan peserta didik
25. Menjelaskan perbedaan pengukuran, penilaian, dan assesmen Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian di PAUD
26. Menganalisis proses dan hasil penilaian belajar anak Menganalisis hasil penilaian hasil belajar anak
27. Menganalisis hasil penilaian program kegiatan belajar
28. Menyimpulkan hasil-hasil penilaian untuk menentukan tingkat pencapaian standar perkembangan anak usia dini
29. Menginterpretasikan hasil analisis penilaian proses dan hasil belajar anak
30. Menerapkan teknik-teknik komunikasi perkembangan anak pada orang tua
31. Menjelaskan karakteristik PTK
32. Menjelaskan prinsip-prinsip PTK
33. Menerapkan prosedur PTK
34. Menginterpretasikan data-data hasil penelitian tindakan
35. Menguasai konsep dasar pembelajaran untuk mengenalkan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini sesuai agama yang dianut
36. Menganalisis pembelajaran untuk mengenalkan nila-nilai agama pada anak usia dini.
37. Menguasai
konsep dasar Menganalisis pembelajaran untuk pembelajaran untuk
mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini sesuai dengan rentang
usianya mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini
38. Menguasai konsep dasar pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berbasa pada anak usia dini.
39. Menganalisis pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menerima bahasa bagi anak usia dini
Selengkapnya bias dilihat pada kisi-kisi UKG TK disini