10/14/2012

UN 2013, 20 PAKET SOAL

UN 2013, 20 PAKET SOAL

Untuk siswa-siswi kelas VI, IX, XII sudah harus mulai sekarang mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadi UN (Ujian Nasional) yang menurut rencana akan tetap diselenggrakan di tahun 2013 ini.

Bahkan pemerintah berencana untuk UN 2013 akan diberlakukan 20 paket soal, seperti yang disampaikan oleh Mendikbud, . “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” Jika pada tahun ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal. “Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” katanya.

Standar kelulusan pun sepertinya akan ada perubahan, beberapa perubahan itu : Mendikbud mengatakan, ada kemungkinan untuk meningkatkan dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan.  Pada tahun ini proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi pada tahun depan kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar. “Masih belum, akan kami matangkan bersama dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Pemikiran untuk meningkatkan ada, dengan kemungkinan tingkat kesulitan,” katanya.

Un 2013 dengan 20 paket soal harus benar-benar disiasati dan disiapkan oleh para guru dan para siswa. Semoga Sukses!

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/741