11/10/2012

Contoh Program Ulangan Akhir Semester (UAS) Gasal

PROGRAM
ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL
TAHUN 2012

A.   Latar Belakang
Perubahan kebijakan nasional dari sentralisasi menuju desentralisasi yang direalisasi dengan pelaksanaan otonomi daerah dalam semua aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan berakibat langsung pada beberapa kewenangan dan tanggung jawab, khususnya dalam pelaksanaan dan pengelolaan sumber daya manusia. Konsekuensi logis dari perubahan kebijakan tersebut, berakibat pada terjadinya proses distribusi kewenangan ke daerah. Meskipun demikian masih ada kewenangan-kewenangan tertentu yang langsung masih ditangani oleh pusat, khususnya dalam standarisasi pendidikan yang berlaku secara nasional. Sejalan dengan hal kewenangan tersebut, maka pada tahun 2011 ini Direktorat Pembinaan SMP melaksanakan pembinaan kepada sekolah-sekolah yang termasuk dalam kategori sekolah potensial untuk dipersiapkan menjadi sekolah standar nasional yang akan diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Pengembangan Standar Nasional Pendidikan (SNP) oleh pmmerintah telah tertuang dalam berbagai peraturan perundang-undangan, diantaranya adalah termaktub dalam PP No 19/2005 tentang   SNP, PP No. 17/2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaan pendidikan, dan semua Permendiknas yang merupakan penjabaran operasional implementasi PP tersebut. Beberapa diantaranya adalah Permendiknas No: 22, 23, 24 Tahun 2006, No. 6 tahun 2007, No. 41 Tahun 2007, No. 20 Tahun 2007, No. 19 Tahun 2007, No. 24 tahun 2007, No, 12, 13, 16, 18 Tahun 2007, yang masing-masing adalah mengatur tentang SNP SKL, SI, Pelaksanaan SKL dan SI, Perubahan Pelaksanaan SI, proses pembelajaran, penilaian pendidikan, pengelolaan, sarana dan prasarana, guru, kepala sekolah, dan SNP tentang pengawas, serta yang terakhir Permendiknas No. 69 tentang pembiayaan pendidikan.
Dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) maka SMP 1 ........ akan melaksanakan  Kegiatan ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS).

B.   Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)

C.   Tujuan Kegiatan
Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah terselenggaranya ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa.