11/25/2012

KURIKULUM 2013, TIDAK ADA IPA dan IPS?

KURIKULUM 2013, TIDAK ADA IPA dan IPS?

Pembahasan mengenai Kurikulum 2013 semakin hangat dan menarik, bahkan semakin menariknya lagi beredar kabar bahwa Kurikulum 2013 tidak akan ada Mata Pelajaran IPA dan IPS. Benarkah?

Saking penasarannya, saya coba browsing di beberapa web pemerintah, akhirnya saya menemukan informasi seperti  dibawah ini :

Salah satu ciri kurikulum 2013, khususnya untuk SD, adalah bersifat tematik integratif. Dalam pendekatan ini mata pelajaran IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua pelajaran, yaitu dua mata pelajaran itu akan diintegrasikan kedalam semua mata pelajaran.
Dikatakan untuk IPA akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika, sedangkan untuk IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).
Mendikbud mengatakan, kurikulum 2013 itu diharapkan bisa diterapkan mulai tahun ajaran baru 2013, tapi sebelumnya akan diuji publik sekitar November 2012 (http://www.menkokesra.go.id/content/kurikulum-pendidikan-berubah-2013).

Demikian, Semoga Kurikulum 2013 akan menjadikan pendidikan di Indonesia lebih maju.

Sumber: http://ptkguru.com