Beberapa hari yang lalu Aplikasi e-Rapor untuk sekolah menengah pertama (SMP) secara resmi dirilis oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kelebihan Aplikasi ini Selain terintegrasi dengan Dapodik, Sekolah juga dapat mencetak Leger dan Raport. Jika Anda menggunakan Aplikasi lain yang tidak resmi, bisa jadi harus mengulang pekerjaan.
E-Rapor SMP adalah aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser. Aplikasi e-Rapor SMP tahun 2017 - 2018 dikembangkan dengan merujuk kepada panduan penilaian tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP.
Tugas dan Kewenangan Admin
Admin adalah orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta memiliki hak akses dalam pengoperasian e-Rapor. Pada hakikatnya tugas utama admin adalah mempersiapkan data referensi baik data yang diambil dari Dapodik maupun data Referensi Lokal, Sehingga e-Rapor dapat digunakan sebagaimana mestinya. Mengingat begitu penting dan strategisnya kedudukan admin dalam e-Rapor, maka diperlukan seseorang yang memiliki tanggung jawab, dedikasi serta integritas kepribadian yang sangat tinggi. Adapun Admin memiliki tugas sebagai berikut:
- Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
- Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
- Mengedit profil sekolah.
- Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik, kepala sekolah dan orang tua siswa.
- Menyosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.
- Memetakan mata pelajaran.
- Menyesuaikan data muatan lokal.
- Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
- Menginput interval predikat mata pelajaran.
- Menginput data tanggal rapor.
- Mencetak rapor.
- Mengirim nilai ke dapodik.
- Melakukan backup dan restore data.
- Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX
Untuk lebih jelasnya tentang Langkah atau Cara Instalasi E-Rapor SMP tahun 2017 - 2018, Cara Login sebagai Admin, Cara mengambil Data Dapodik pada E-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Cara Mapping Mata Pelajaran, Cara Input KKM dan Cara Input Nilai Pada E-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Mengirim Nilai Ke Dapodik (Sinkronisasi) sampai cara Cetek Leger dan Cetak Rapor silahkan baca Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, dikarenakan situs resminya mengalami gangguan karena banyak yang mengakses, maka kawan- kawan Oerator Sekolah dapat mendownload pada link di bawah ini dan semoga bermanfaat.