12/29/2012

PTK PAI, TUTOR SEBAYA MATERI MEMBACA AL-QUR’AN

Siswa yang mampu membaca Al-qur’an, mengerti serta memahami kandungannya diharapkan akan memilki berkepribadian baik. Namun dalam mengajarkan Materi Membaca Al-qur’an banyak guru PAI yang mengalami kesulitan. Ada siswa yang sudah lancar membaca tetapi juga masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al-qur’an.

Dalam memilih metode mengajar, sorang guru harus memahmi bahwa metode mengajar bersifat fleksibel dan sangat tergantung dengan berbagai faktor:
a.    Materi, dilihat dari aspek afektif, kognitif, psikomotorik.
b.    Fasilitas, dilihat dari segi jenis, kualitas dan kuantitas.
c.    Tujuan pembelajaran yang dicapai
d.    Siswa, perlu diperhatikan bakat, minat, intelegensi, tingkat kematangan, usia dan jumlah murid per kelas.
e.    situasi yang mencakup tempat belajar dan waktu belajar serta lama belaja

Sebagai laternatif seandainya dalam mengajarkan materi membaca Al-qur’an disuatu kels ada siswa yang sudah pandai membaca tetapi masih ada siswa lain yang belum atau kurang bias membaca dengan baik maka guru dapat menggunakan metode tutor sebaya. Tutor sebaya adalah sumber belajar selain guru yaitu teman sebaya yang lebih pandai memberikan bantuan belajar kepada teman-teman sekelasnya di sekolah.
Sebuah PTK PAi tentang Pembelajaran membaca Al-qur’an dengan Metode Tutor teman sebaya, silahkan anda download disini