Siswa
yang mampu membaca Al-qur’an, mengerti serta memahami kandungannya
diharapkan akan memilki berkepribadian baik. Namun dalam mengajarkan
Materi Membaca Al-qur’an banyak guru PAI yang mengalami kesulitan. Ada
siswa yang sudah lancar membaca tetapi juga masih banyak siswa yang
belum bisa membaca Al-qur’an.
Dalam
memilih metode mengajar, sorang guru harus memahmi bahwa metode
mengajar bersifat fleksibel dan sangat tergantung dengan berbagai
faktor:
a. Materi, dilihat dari aspek afektif, kognitif, psikomotorik.
b. Fasilitas, dilihat dari segi jenis, kualitas dan kuantitas.
c. Tujuan pembelajaran yang dicapai
d. Siswa, perlu diperhatikan bakat, minat, intelegensi, tingkat kematangan, usia dan jumlah murid per kelas.
e. situasi yang mencakup tempat belajar dan waktu belajar serta lama belaja
Sebagai
laternatif seandainya dalam mengajarkan materi membaca Al-qur’an
disuatu kels ada siswa yang sudah pandai membaca tetapi masih ada siswa
lain yang belum atau kurang bias membaca dengan baik maka guru dapat
menggunakan metode tutor sebaya. Tutor sebaya adalah sumber belajar
selain guru yaitu teman sebaya yang lebih pandai memberikan bantuan
belajar kepada teman-teman sekelasnya di sekolah.
Sebuah PTK PAi tentang Pembelajaran membaca Al-qur’an dengan Metode Tutor teman sebaya, silahkan anda download disini