3/13/2013

PTK dengan Peer Lesson

Peer Lesson yaitu sebuah strategi pembelajaran yang mengembangkan “peer teaching” dalam kelas dengan menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar kepada peserta didik sebagai anggota kelas.

Langkah-langkah Startegi Pembelajaran peer Lesson
Dalam melaksanakan strategi ini harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Membagi siswa dalam kelompok. Pembagian kelompok ini sebanyak topik yang diajarkan. Topik yang diberikan harus saling berhubungan.
  2. Guru memberikan tiap-tiap kelompok dengan informasi, konsep, atau keahlian untuk mengajar kepada siswa yang lain.
  3. Guru meminta kepada setiap kelompok untuk membuat cara presentasi atau mengajar bukan ceramah atau membaca laporan
  4. Guru menyediakan sarana yang dibutuhkan siswa (misalnya LCD Proyector untuk presentasi)
  5. Guru mmberikan waktu yang cukup kepada setiap kelompok untuk merencanakan dan mempersiapkan.
  6. Guru memberikan waktu yang cukup kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan pelajaran mereka.
Kelebihan dari peer Lesson diantaranya strategi ini merupakan pembelajaran aktive learning. Siswa aktif melakukan kegiatan dalam proses belajar mengajar. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang sama, saat ia menjadi narasumber bagi yang lain. Peserta didik dilatih untuk berani tampil di depan kelas mempresentasikan apa yang ia pelajari.
Beberapa kelemahan peer Lesson:
1.    Setiap anggota dalam kelompok tidak semuanya aktif
2.    Waktu yang disediakan dalam satu kali pertemuan tidak mencukupi
3.    Apabila tidak diawasi oleh guru ada kemungkinan siswa ribut dalam mempresentasikan
4.    Strategi ini cocok untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
DOWNLOAD CONTOH PTK dengan PEER LESSON, disini

Sumber: http://ptkguru.com