3/13/2013

Sistem Operasi Slax untuk UKG Online 2013

Bapak Ibu Operator TUK (Tempat Uji Kompetensi), menurut informasi bahwa Pelaksanaan UKG Online 2013 direncanakan akan menggunakan Sistem Operasi Slax. Apa itu Slax? Bagaimana cara menginstalnya? Apakah Sistem Operasi Slax lebih baik dari Ubuntu yang pernah digunakan pada UKG Online 2012?
Pertanyaan yang juga cukup sulit untuk saya jawab, karena saya juga belum pernah mencoba menggunakan Sistem Operasi Slax. Semoga beberapa keterangan dari berbagai sumber dibawah ini sedikit memberi gambaran kepada kita tentang Sistem Operasi Slax.

Dari Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa SLAX adalah sistem operasi Live CD Linux (distro linux) berbasis Slackware. Ia tidak perlu di-instal ke hard drive; berjalan dari CD atau USB drive. Terdapat juga pilihan untuk menjalankan SLAX dari RAM. SLAX dikembangkan oleh Tomáš Matejícek dari Republik Czech menggunakan Linux Live scripts.

Bagaimana cara menginstalnya?
Menurut sumber info-ukg.kemdikbud.go.id
Karena Slax adalah sistem operasi yang bersifat Live, maka proses instalasi tidak diperlukan melainkan dapat dijalankan secara langsung baik dari CD ataupun melalui USB Flashdisk.

Keterangan lebih lengkap tentang Sistem Operasi Slax yang direncanakan akan digunakan untuk UKG Online 2013 atau anda ingin download Slax silahkan berkunjung ke http://info-ukg.kemdikbud.go.id/downloads/slax/


Sumber: http://ptkguru.com
Sistem Operasi Slax untuk UKG Online 201