11/09/2013

Cara Menggunakan Patch Aplikasi Dapodikdas Terbaru (Dapodik Expired)

Dengan tampilan antar muka yang baru berbasis web, aplikasi dapodik 2013 membutuhkan browser yang mumpuni misal Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Aplikasi dapodikdas 2013 dikemas dan didesign sangat apik agar lebih mudah dijalankan dan cepat mengirimkan data.


Namun, jangan kaget jika tiba-tiba aplikasi dapodikdas 2013 tidak bisa dijalankan, alias "Expired". Karena Aplikasi masing-masing release akan mengalami "expired" setelah satu atau dua bulan sudah diatur sedemikian rupa agar pengguna melakukan update ke versi terbaru. Tujuannya adalah memaksa pengguna menggunakan aplikasi terbaru jika ada revisi atau penambahan fitur yang tidak diketahui oleh operator. Untuk saat ini aplikasi disiapkan untuk expired setelah satu bulan, untuk selanjutnya mungkin akan didesain expired setelah dua bulan atau lebih.

Kalau menemui aplikasi yang expired, jangan panik, jangan bingung dan jangan buru-buru menginstal ulang atau meng-uninstal aplikasi dapodik 2013. Untuk semua operator sekolah dan kabupaten/kota diharapkan selalu menggunakan aplikasi terbaru untuk menghindari kekurangan-kekurangan yang belum direvisi. Untuk melakukan upgrade aplikasi selalu gunakan patch bukan install dari awal, karena install ulang dari awal mengakibatkan data yang telah ditambahkan sebelumnya akan hilang. Cara menggunakan patch aplikasi dapodikdas terbaru, yaitu dengan mengunduhnya di halaman 118.98.166.59/laman/unduh, setelah diunduh kemudian ikuti langkah berikut :
  1. Jalankan Patch -xxxxx.exe
  2. Pada pemilihan direktori pilih "c:\Program Files\Dapodikdas" kemudian pilih "Extract"
  3. Apabila ada pertanyaan file yang ditimpa pilih "Yes to All"
  4. Tunggu sampai proses selesai
  5. Buka aplikasi dan lakukan Force refresh (Ctrl+F5) untuk membersihan cache

Nah...kita tunggu saja, patch-patch untuk versi terbaru selanjutnya sampai aplikasi dapodik benar-benar sempurna. Sehingga dapat mengakomodasi keinginan dan kemudahan bagi pengguna dan menjamin terjaringnya seluruh data pokok pendidikan di sekolah.

Demikian, semoga bermanfaat.

Cara Menggunakan Patch Aplikasi Dapodikdas Terbaru (Dapodik Expired)