11/08/2013

Cara Upload atau Unggah Karya Ilmiah/Karil UT

Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah, setiap mahasiswa diwajibkan melakukan publikasi ilmiah sebelum yang bersangkutan lulus suatu program studi dan mendapatkan gelar S1 maupun S2. Ketentuan ini juga berlaku bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT).

Mulai tahun 2013 mahasiswa UT wajib melakukan publikasi karya ilmiah pada Jurnal Online Universitas Terbuka sebagai persyaratan kelulusan. Penulisan karya ilmiah dilakukan sesuai dengan format karya ilmiah yang telah ditentukan seperti yang tercantum dalam panduan Karya Ilmiah UT yang dapat diunduh berikut ini:

Sedangkan prosedur upload (unggah) karya ilmiah karil UT dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mengakses aplikasi Karil UT
Pastikan komputer yang Anda gunakan terhubung ke internet, buka website Unggah Karya Ilmiah Mahasiswa UT dengan mengetikan alamat http://karil.ut.ac.id. Sistem akan memunculkan tampilan seperti berikut :


2. Membuat akun baru
Menu ini merupakan fasilitas untuk mengetahui langkah-langkah membuat akun baru. Buka website Unggah Karya Ilmiah Mahasiswa UT (http://karil.ut.ac.id), Kemudian isi form dengan lengkap :
  1. Isi email anda (harus valid).
  2. Isi nomor induk mahasiswa (harus valid).
  3. Pilih tanggal, bulan dan tahun, sesuai dengan tanggal lahir anda.
  4. Isi judul jurnal karya ilmiah milik anda.
  5. Isi nama jurnal yang ter-generate apabila NIM anda valid.
  6. Pilih karya ilmiah dengan mencari letak penyimpanan file Karya Ilmiah Anda di komputer. (yang dapat diunggah berupa file dengan ekstensi doc, docx, rtf, dan odt, dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB).
  7. Cantumkan kata kunci yang dapat mempermudah pencarian (kata-kata yang terkandung dalam jurnal).
  8. Daftarkan akun baru Anda dengan klik tombol  :
Apabila gagal, form registrasi akan muncul kembali dengan perubahan warna merah pada bagian yang inputannya tidak sesuai seperti dibawah ini :

Apabila berhasil, sistem akan menampilkan pesan untuk memeriksa alamat email yang Anda daftarkan untuk mendapatkan password dan langkah lebih lanjut untuk memasuki akun baru Anda.

Demikian semoga bermanfaat.

Sumber: Rodajaman.net
Cara Upload atau Unggah Karya Ilmiah/Karil UT