2/07/2012

Pengaturan Kelas dengan E-Learning

Kelas telah berubah dari jaman papan tulis dan proyektor overhead. Pelajar saat ini secara teratur menggunakan teknologi yang beragam seperti komputer, tablet, iPod dan papan pintar di kelas. Blog, wiki kelas dan komputasi awan telah menjadi standar dalam kurikulum bagi banyak siswa. Guru semakin diharapkan menggunakan teknologi ke dalam kelas. Dan, siswa perlu memiliki kemampuan membaca abad ke-21 untuk bersaing secara global.
Anda dapat mempersiapkan ruang kelas abad 21 dengan menggunakan e-learning yang cocok dengan keterampilan siswa yang selalu berubah saat ini.
Kolaborasi
Sebuah tanda dari ruang kelas abad 21 adalah kolaborasi dan bekerja sama. Siswa tidak bisa lagi bekerja dalam isolasi tetapi harus belajar untuk menguasai bekerja dalam kelompok dan membangun hubungan untuk memecahkan masalah bersama-sama dan lintas-budaya.
Pendidikan online adalah proses yang sangat kolaboratif dan jauh dari pengalaman soliter yang mungkin kita pikir. E-learning menuntut siswa untuk bekerja sama dalam kelompok diskusi, proyek dan dalam proses belajar yang dinamis. Bahkan, e-learning mungkin membutuhkan kolaborasi yang lebih karena siswa tidak bisa melihat satu sama lain dan harus bekerja sama online untuk saling memahami.
Teknologi
Guru juga mendapatkan pengetahuan tentang teknologi baru karena mereka mendapatkan pendidikan online. Program sekolah mungkin memerlukan penggunaan aplikasi komputasi awan seperti Google Apps atau aplikasi lain yang memungkinkan beberapa pengguna untuk berbagi dan mengedit dokumen. E-learning juga mengharuskan Anda untuk menggunakan papan diskusi, upload dokumen dan belajar untuk berbagi dan menanamkan link. Teknologi ini memainkan peran besar di dalam kelas saat ini.


Inovasi
Lingkungan belajar abad ke-21 menuntut inovasi dari siswa ketika mereka bergelut dengan beberapa ruang kelas dan perangkat lunak. Karena tuntutan ini, mereka harus membuktikan mereka belajar tidak hanya melalui tulisan atau masalah pemecahan sederhana, tetapi juga dengan mengkritisi, menganalisis dan mensintesis informasi. Mereka bisa menunjukkan melalui  presentasi
multi-media atau skenario dunia nyata seperti menerbitkan pekerjaan mereka secara online .
Pendidikan online adalah langkah pertama dalam meningkatkan kemampuan Anda sendiri untuk berinovasi menggunakan teknologi tersebut. E-learning membuat Anda untuk berpikir dan bekerja kreatif saat Anda belajar untuk menavigasi di luar bidang ruang kelas tradisional. Anda dapat  menggunakan
sendiri teknologi dengan cara baru dan menarik yang dapat menerjemahkan langsung ke dalam kelas.
Pendidikan online juga akan membangun keahlian Anda untuk memenuhi tantangan kepala ruang kelas abad 21 dan memimpin jalan dalam inovasi, kolaborasi dan penguasaan teknologi.