8/01/2012

Model Pembelajaran PAUD

Metode Pembelajaran PAUD
Metode pembelajaran untuk anak usia dini hendaknya menantang dan menyenangkan, melibatkan unsur bermain, bergerak dan bernyanyi, dan belajar. Beberapa metode yang sering digunakan dalam pembelajaran anak usia dini antara lain :

a. Circle the Time (Lingkari Kalender)
Pembelajarn dihubungakan dengan kalender dan waktu. Guru menandai tanggal-tanggal pada kalender yang terkait dengan berbagai kegiatan hari-hari besar keagamaan dan hari besar nasional. Selanjutnya guru mendesain kegiatan pembelajaran dengan menggunakan tema-tema dasar sesuai hari tersebut.

b. Show and Tell (Presentasi dan Cerita)
Metode ini digunakan untuk mengungkap kemampuan, perasaan, dan keinginan anak. Setiap hari guru harus menyuruh dua atau tiga anak untuk bercerita apa saja yang ingin diungkapkan. Saat anak bercerita guru dapat melakukan asassmen untuk anak, dan melanjutkan topik yang dibicarakan anak untuk pembelajaran.

c. Small Project (Proyek Sederhana)
Metode ini melatih anak bekerjasama dalam kelompok kecil 3-4 orang, setiap kelompok diberi proyek kecil, misal menemukan berbagai jenis daun dan mengecapnya dengan berbagai warna disehelai manila. Anak-anak dalam satu kelompok menghasilakn satu karya. Begitu pula dengan proyek pengamatan dan percobaan, metode ini dapat melatih anak bekerjasama dan mengembangkan kemampuan sosial.

d. Big Team (Kerja Kelompok Besar)
Metode ini menggunakan kelompok besar, yaitu satu kelas penuh membuat sesuatu, misalnya mendirikan tenda yang besar didalam kelas.

e. Kunjungan
Anak sangat senang melihat langsung berbagai kenyataan yang ada dimasyarakat melalui kunjungan. Berbagai kegiatan kunjungan seperti ke museum, perpustakaan, pasar, pemadam kebakaran, lapangan, rumah teman, dan lainnya dapat memberikan inspirasi anak untuk mengenal dan mengembangkan cita-citanya (learning to be).
Bahan Bacaan : Materi PLPG