9/01/2012

Tes Akademik Calon Kepala Sekolah, Contoh Instrumen Respon Situasional 1a

Tes Akademik Calon Kepala Sekolah, Instrumen Respon Situasional 1a

Contoh Instrumen Respon Situasional 1a

a. Kasus

Ujian tengah semester untuk kelas 6 akan segera dimulai ketika anda (sebagai kepala sekolah) dilapori bahwa tidak tersedia cukup soal Matematika untuk tes jam pertama.

Sebutkan tindakan apa yang akan anda ambil dalam situasi ini. Jelaskan alasannya, dan sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan anda dalam situasi ini.

b. Contoh respon situasi 1.a. dan contoh rubrik penilaian

1) Respon “Sangat Memuaskan” menunjukkan respon yang masuk akal (memiliki dasar yang kuat), berdasarkan pemahaman jelas atas, dan penerapan aturan-aturan dan standar-standar terkait

Misalnya:

Meminta panitia untuk menganalisa dokumen penggandaan, jadwal, dan sisa soal yang dijadikan cadangan. Kalau sesuai dokumen telah digandakan sejumlah siswa berarti ada indikasi salah hitung atau salah taruh. Namun apabila ditemukan penggandaan soal belum mencapai sejumlah siswa, sementara jadwal bisa ditukar dari jam pertama menjadi jam kedua, maka untuk mencukupi perlu digandakan dulu dan diujikan jam kedua. Sedangkan bila harus diujikan jam pertama dan tidak sempat menggandakan maka panitia diminta membuat soal yang dapat dilihat oleh siswa dengan chart atau lcd projector. Sehingga siswa tidak kehilangan kenyamanan dalam menyelesaikan menjawab tes.

2) Respon “Memuaskan” menunjukkan respon yang cukup, didasarkan pada pemahaman umum atas aturan-aturan dan standar-standar terkait.

Misalnya:

Memanggil panitia untuk mengevaluasi kerja penggandaan, pengepakan dan memeriksa soal cadangan untuk menyakinkan bahwa soal hanya salah hitung atau salah penempatan. Sementara kalau memang salah hitung dalam penggandaan maka perlu menggunakan srategi satu soal untuk 2 siswa atau menukarkan pelaksanaan antara jam pertama dan kedua.

3) Respon “Kurang Memuaskan” menunjukkan analisa dan penerapan aturan atau standar yang lemah, cacat atau tidak tepat;

Misalnya:

Menganjurkan untuk tetap dilaksanakan dengan soal yang ada. Tidak perlu mengopi atau menggandakan ulang yang penting tepat waktu sesuai jadwal.

Bahan Bacaan : Juklak PPK Calon Kepala Sekolah-Madrasah LPPKS