10/30/2012

PTK IPA SD, METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

PTK IPA SD, METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA



Banyak factor yang menentukan  berhasilnya tujuan pembelajaran di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksirnal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara atau model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Kenyataan di lapangan, ketidaktuntasan dalam belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA disebabkan karena guru dalam proses mengajar didominasi dengan metode ceramah, banyak yang tidak menggunakan alat peraga.



Salah satu metode pembelajaran, yaitu metode pembelajaran penemuan (discovery) dapat dicobakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa akan lebih aktif dalam memecahkan dan menemukan masalah sedang guru berperan sebagai pembimbing atau memberikan petunjuk cara memecahkan masalah itu.



PTK IPA SD, Metode Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan judul "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Tentang Konsep Bunyi Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cipeucang 01 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2011/2012"