10/30/2012

PTK MATEMATIKA, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF

PTK MATEMATIKA, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF

Pembelajaran matematika di sekolah memiliki tujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. (Panduan KTSP BSNP, 2006),

Pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, banyak siswa masih kesulitan mengerjakan soal pemecahan masalah yang berupa soal cerita hal ini mencerminkan bahwa pada umumnya siswa masih kesulitan dalam memahami soal secara lengkap, meraka kurang cermat dalam membaca dan memahami kalimat demi kalimat serta apa yang diketahui, ditanyakan, dan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut dengan benar. Selain itu, siswa belum bisa menginterpretasikan soal tersebut dalam kalimat matematika.

Pendekatan keterampilan metakognitif sangat perlu dilakukan, karena pendekatan ini menekankan pada aktivitas siswa yang secara sadar mengatur proses berpikirnya sendiri dan membuat strategi-strategi untuk memecahkan masalah yang diberikan.

1.    Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan metakognitif?
2.    Bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan metakognitif?

PTK MATEMATIKA, PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF dengan judul "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF"