PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK
Pendidikan
seni budaya dan keterampilan diberikan disekolah karena keunikan,
kebermaknaan dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta
didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetika dalam bentuk
kegiatan berekspresi, berkreasi, dan berapresiasi melalui pendekatan “belajar dengan seni”, “belajar melalui seni”, dan “ belajar tentang seni”.
Pada
Kenyataan di lapangan Pembelajaran Seni Musik ditemukan banyak
kekurangan hampir semua siswa tidak dapat membaca notasi balok dengan
lancar,. Namun minat peserta didik untuk belajar memainkan alat musik
recorder sangat tinggi.
Apakah media ansambel recorder dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca notasi balok?
Sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan Judul "Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Balok Melalui Media Ansambel Recorder" bisa anda download disini
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK MELALUI
MEDIA ANSAMBEL RECORDER DI KELAS
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi dalam arus globalisasi yang berkembang
dengan pesat, mendorong perlunya perubahan paradigma pendidikan. Salah
satu upaya untuk memperbaiki keberhasilan pengajaran yang dapat mengubah
diri peserta didik. Perubahan tersebut dalam arti dapat menumbuh
kembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik dapat memperoleh
manfaatnya secara langsung dalam perkembangan pribadinya.
………
BAB II
LANDASAN TEORITIS
MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN ANSAMBEL RECORDER
A. Pembelajaran
Pembelajaran
merupakan rekayasa prilaku untuk merangsang, memelihara, dan
meningkatkan terjadinya proses berfikir pembelajaran. Sudjana (1993 : 5 )
menjelaskan pengertian pembelajaran adalah “setiap upaya yang
sistematis dan di sengaja untuk menciptakan kondisi-kondisi agar terjadi
kegiatan membelajarkan”. Pendapat lain tetang pengertian pembelajran
diungkapkan oleh Hamalik (1995 : 57), bahwa : pembelajaran adalah suatu
kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur
manusiawi,material,fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling
mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam satu
sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainnya. Misalnya
tenaga laboratorium. Material terdiri dari buku-buku, papan tulis, dan
kapur,fotografi,slide,audio dan video tape. Fasilitas dan perlengkapan,
terdiri dari ruang kelas,perlengkapan audio visual, juga
computer.prosedur,meliputi jadwal dan metode penyampaian materi,
praktek,belajar,ujian dan sebagainya.
………
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran secara mendalam
tentang “ Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Balok Melalui
Media Ansambel Recorder di kelas VIII A SMP Negeri 2 Ciasem Kabupaten
Subang”. Dan alasan pemilihan metode penelitian ini didasarkan pada
permasalahan yang di temukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran,
yaitu siswa mengalami kesulitan dalam membaca notasi balok dengan
menggunakan ansambel recorder sehingga proses belajar mengajar kurang
aktif dan hanya terfokus pada materi saja, serta prestasi belajar yang
di capai oleh peserta didik kurang memuaskan. Dalam mengatasi
permasalahan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas tersebut maka
Penelitian Tindakan Kelas menjadi bagian penting dan solusi dalam
mengatasi permasalahan dalam pembelajaran, sehingga guru dapat
menghadapi masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di dalam kelas,.
………….
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada
bab ini akan dipaparkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sesuai
dengan serangkaian tindakan yang telah dilakukan oleh peneliti dan guru
mitra. Untuk mendapat hasil tersebut peneliti melakukan pengamatan
pembelajaran seni budaya untuk memperoleh temuan-temuan,
hambatanhambatan maupun kendala kemudian didiskusikan bersama guru mitra
untuk dilakukan serangkaian tindakan kelas yang berupa kemampuan guru
dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi balok melalui media
ansambel recorder.
…………….
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari
data hasil perbaikan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam membaca notasi balok melalui pembelajaran ansambel
recorder oleh guru dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar yang telah
dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa :
1.
Aktivitas peserta didik memperoleh kemajuan yang baik dari setiap
siklusnya, hal ini dibuktikan dengan semakin aktifnya peserta didik
dalam bertanya, menjawab mengenai materi yang diajarkan diantaranya :
membaca notasi balok, tekhnik penjarian, dan melakukan praktek pada saat
proses belajar mengajar berlangsung.
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zaenal Dkk ( 2009), Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK, Bandung : CV Yrama Widya
Sumber: http://ptkguru.com