11/29/2012

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK

Pendidikan seni budaya dan keterampilan diberikan disekolah karena keunikan, kebermaknaan dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetika dalam bentuk kegiatan berekspresi, berkreasi, dan berapresiasi melalui  pendekatan “belajar dengan seni”, “belajar melalui seni”, dan “ belajar tentang seni”.
Pada Kenyataan di lapangan Pembelajaran Seni Musik ditemukan banyak kekurangan hampir semua siswa tidak dapat membaca notasi balok dengan lancar,. Namun minat peserta didik untuk belajar memainkan alat musik recorder sangat tinggi.
Apakah media ansambel recorder dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca notasi balok?
Sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan Judul "Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Balok Melalui Media Ansambel Recorder" bisa anda download disini
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI BALOK MELALUI
MEDIA ANSAMBEL RECORDER DI KELAS

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam arus globalisasi yang berkembang dengan pesat, mendorong perlunya perubahan paradigma pendidikan. Salah satu upaya untuk memperbaiki keberhasilan pengajaran yang dapat mengubah diri peserta didik. Perubahan tersebut dalam arti dapat menumbuh kembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik dapat memperoleh manfaatnya secara langsung dalam perkembangan pribadinya.
………

BAB II
LANDASAN TEORITIS
MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN ANSAMBEL RECORDER
A. Pembelajaran
Pembelajaran merupakan rekayasa prilaku untuk merangsang, memelihara, dan meningkatkan terjadinya proses berfikir pembelajaran. Sudjana (1993 : 5 ) menjelaskan pengertian pembelajaran adalah “setiap upaya yang sistematis dan di sengaja untuk menciptakan kondisi-kondisi agar terjadi kegiatan membelajarkan”. Pendapat lain tetang pengertian pembelajran diungkapkan oleh Hamalik (1995 : 57), bahwa : pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi,material,fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam satu sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainnya. Misalnya tenaga laboratorium. Material terdiri dari buku-buku, papan tulis, dan kapur,fotografi,slide,audio dan video tape. Fasilitas dan perlengkapan, terdiri dari ruang kelas,perlengkapan audio visual, juga computer.prosedur,meliputi jadwal dan metode penyampaian materi, praktek,belajar,ujian dan sebagainya.
………

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang “ Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Balok Melalui Media Ansambel Recorder di kelas VIII A SMP Negeri 2 Ciasem Kabupaten Subang”. Dan alasan pemilihan metode penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang di temukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran, yaitu siswa mengalami kesulitan dalam membaca notasi balok dengan menggunakan ansambel recorder sehingga proses belajar mengajar kurang aktif dan hanya terfokus pada materi saja, serta prestasi belajar yang di capai oleh peserta didik kurang memuaskan. Dalam mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas tersebut maka Penelitian Tindakan Kelas menjadi bagian penting dan solusi dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran, sehingga guru dapat menghadapi masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di dalam kelas,.
………….
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini akan dipaparkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sesuai dengan serangkaian tindakan yang telah dilakukan oleh peneliti dan guru mitra. Untuk mendapat hasil tersebut peneliti melakukan pengamatan pembelajaran seni budaya untuk memperoleh temuan-temuan, hambatanhambatan maupun kendala kemudian didiskusikan bersama guru mitra untuk dilakukan serangkaian tindakan kelas yang berupa kemampuan guru dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi balok melalui media ansambel recorder.
…………….
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari data hasil perbaikan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca notasi balok melalui pembelajaran ansambel recorder oleh guru dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa :
1. Aktivitas peserta didik memperoleh kemajuan yang baik dari setiap siklusnya, hal ini dibuktikan dengan semakin aktifnya peserta didik dalam bertanya, menjawab mengenai materi yang diajarkan diantaranya : membaca notasi balok, tekhnik penjarian, dan melakukan praktek pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zaenal Dkk ( 2009), Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK, Bandung : CV Yrama Widya

Sumber: http://ptkguru.com