11/08/2013

Tips Mengoperasikan Dan Mengisi Data Aplikasi Dapodik 2013

Aplikasi Dapodik 2013 terus berkembang, saat ini sudah pada versi 2.0.3. Adanya perbedaan dengan aplikasi dapodik sebelumnya, maka diperlukan persiapan sumberdaya dan kemampuan untuk menggunakannya. Mulai dari mempersiapkan perangkat komputer dengan spesifikasi khusus, pengenalan dan pemahaman dalam penggunaan aplikasi, hingga proses sinkronisasi data.

Aplikasi dapodikdas 2013 tetap berdasarkan pada 3 entitas data yaitu data sekolah, data peserta didik dan data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Pada aplikasi dapodikdas 2013, perincian modul dan kolom data tersebut diperjelas dengan menampilkan menu utama yaitu Beranda, Sekolah, Peserta Didik, PTK, Sarpras, dan Rombongan Belajar.
Data pada menu-menu tersebut semuanya penting dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Sebagian besar data sudah tersedia pada data prefill dapodik 2012, jadi operator hanya melengkapi dan memperbaharui data. Dalam proses pengisian dan pembaharuan data sebaiknya dilakukan secara berurutan, dengan skala prioritas agar mudah, cepat dan lengkap.

Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya bahwa Dapodikdas 2013 dengan aplikasi baru pasti ada masalah baru, maka cermati sebelum melangkah lebih jauh dalam mengisi data aplikasi dapodik 2013. Masalah yang ada dapat dijadikan bahan pelajaran untuk mempelajari aplikasi dapodik 2013. Di awal tugas operator dapodik 2013 sebenarnya adalah menyelesaikan PR dari data yang harus dilengkapi dan diperbaharui. Langkah awal yang dilakukan operator sekolah dalam mengisi aplikasi dapodikdas 2013 antara lain :
  1. Melakukan validasi data, lihat hasil validasi, ada berapa data invalid yang harus diperbaiki (bertanda seru)
  2. Lakukan perbaikan terlebih dahulu pada data invalid pada hasil validasi
  3. Berdasarkan hasil validasi, mulailah mengisi data, melengkapi data secara berurutan
  4. Selalu cek jumlah data invalid, pastikan terus berkurang hingga benar-benar bersih dan jumlah data invalid = 0
  5. Setelah data invalid kosong, mulailah melengkapi data secara rinci dari masing-masing menu utama aplikasi dapodik 2013
  6. Segera lakukan sinkronisasi awal. Untuk melakukan sinkronisasi harus bebas dari data invalid, jika masih ada data invalid lanjutkan pengisian data.
  7. Jika berhasil melakukan sinkronisasi awal, maka untuk sementara kita berhasil menyelamatkan data dan menyimpan hasil pekerjaan pendataan dapodik 2013 sekaligus memperbaharui data prefill dapodik.

Karena sebenarnya tujuan utama pendataan dapodikdas 2013 adalah :
  • Melakukan update data dapodikdas untuk tahun 2013/2014
  • Memperbaiki, melengkapi, dan memperbaharui data sekolah, data peserta didik, dan data PTK
  • Meregistrasi peserta didik
  • Meregistrasi PTK dengan melakukan penugasan PTK
  • Meningkatkan kualitas data dapodikdas 2013.
Demikianlah Tips Mengoperasikan Dan Mengisi Data Aplikasi Dapodik 2013